Kamis, 04 November 2010

Tradisi Mencari Jodoh Ketika Facebook Memengaruhi Midang

Sinar Harapan Jumat, 25 September 2009 13:38

Kayuagung - Tradisi Midang masih terus berlanjut. Hanya saja, kini tradisi ini tak lagi jadi ajang mencari jodoh.

Kemajuan teknologi komunikasi tampaknya telah memengaruhi para remaja di Kayuagung, Ogan Komering Ilir (OKI) dalam mencari jodoh. Mereka kini telah sangat akrab dengan jejaring sosial layaknya remaja perkotaan, seperti Friendster ataupun Facebook.
Pasangan muda-mudi yang berasal berbagai kecamatan di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), memang mengikuti arak-arakan keliling Kota Kayuagung, pekan lalu. Tradisi Midang ini dilaksanakan pascalebaran setiap tahunnya.
Kayuagung berjarak sekitar 100 km dari ibu kota Provinsi Sumsel, Palembang. Atau ditempuh selama 1,5 jam perjalanan melewati Jalintim dari Palembang ke arah Lampung. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Midang mendapat sambutan antusias oleh gadis dan bujang Kayuagung. Kegiatan Midang diikuti sekitar lima kelurahan di Kota Kayuagung, yaitu Kelurahan Sidakersa, Kedaton, Kutaraya, Perigi, dan Kayuagung Asli. Para peserta Midang ini berjalan menyusuri sepanjang jalan di pinggir Sungai Ogan. Mereka melewati Kelurahan Sukadana, Paku, Mangunjaya, Cintaraja, Sidakersa, dan Kelurahan Jua-Jua. Hanya saja, mereka mengaku tak lagi menjadikan ajang ini untuk mencari calon pasangan hidup. ”Wah, kayaknya idak (tidak). Kalau mau cari teman lebih enak melalui internet,” ujar Chairul, remaja di Kayuagung yang tampak sibuk mengutak-atik handphone 3G-nya.
Tampak memang, sembari menyaksikan iring-iringan Midang, para remaja sibuk dengan handphone masing-masing. Rupanya, mereka berinternet ria. Sementara, para peserta Midang yang mengenakan pakaian adat menyeberang ke Kelurahan Kedaton, Kotaraya, Perigi. Dalam arak-arakan ini sepasang muda-mudi dinaikkan ke atas Juli (tandu yang dihiasi). Bemacam-macam bentuk Juli ini, ada yang berbentuk burung, ada yang berbentuk mobil, bahkan ada juga yang berbentuk singgasana raja. Musik tanjidor mengiringi arak-arakan ini menyusuri Kota Kayuagung, setidaknya sepanjang 1,5 km.
Pada zaman kolonial Belanda, para peserta Midang ini harus melewati pendopoan sebagai bentuk tanda pengon¬trol¬an para petinggi Kolonial Belanda. Makanya, Midang saat ini pun pesertanya harus melintas di depan pendopoan, di hadapan pada pejabat dan tetua serta tokoh masyarakat.
Di pendopoan telah menunggu Bupati OKI Ir H Ishak Mekki, Ketua sementara DPRD OKI HM Yusuf Mekki, Ketua TP PKK OKI Hj Tartila Ishak, Kapolres OKI AKBP Cok Bagus Ary Yudayasa, serta unsur muspida lainnya.
Arak-arakan peserta finis di Kayuagung Asli. Walaupun hanya dilaksanakan setahun sekali, antusiasme masyarakat untuk mengikuti dan menyaksikan Midang ini cukup tinggi.

Morge Siwe
Bupati OKI H Ishak Mekki mengatakan, kegiatan Midang ini merupakan tradisi masya¬rakat Kayuagung, baik dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri maupun HUT Kabupaten OKI. Midang ini sudah menjadi agenda nasional dalam kunjungan wisata budaya di Kabupaten OKI.
Tetua adat Kayuagung A Rahman Ahmad menyebutkan, Midang merupakan suatu tradisi yang digelar masyarakat Kota Kayuagung, khususnya sembilan marga atau morge siwe yang dikenal masyarakat luar sebagai Midang.
Midang Morge Siwe ini diartikan juga sebagai “Karnaval Sembilan Marga”. Menurut dia, sembilan marga asli Kayuagung tersebut yakni Dusun Kayuagung Asli, Dusun Perigi, Dusun Kotaraya, Dusun Kedaton, Dusun Jua-Jua, Dusun Sidakersa, Dusun Mangunjaya, Dusun Paku, dan Dusun Sukadana. “Midang ini merupakan suatu rangkaian adat perkawinan Mabang Handak (burung putih) yang merupakan adat perkawinan tertinggi di kalangan masya¬rakat Kayuagung yang dilaksanakan oleh mereka yang tergolong dalam keluarga pesirah atau keluarga Keratin,” ujar Ramhan.
Dia menjelaskan, pada zaman dahulu, Midang ini merupakan suatu bagian dari adat perkawinan Kayuagung, di mana para peserta Midang adalah para bujang dan gadis marga Kayuagung. “Jika ada yang seorang bujang luar menyukai gadis Kayuagung dan terpikat ingin meminangnya, dia (bujang) itu dapat melamarnya dengan mengikuti semua adat istiadat perkawin¬an Kayuagung, seperti melaksanakan Midang ini,”ujarnya.
(sh/muhamad nasir)

Tidak ada komentar: